Online Service
Poling
Bagaimana pelayanan Website kami ?
 
Kegiatan

KPA Kudus: “Tingkatkan upload publikasi putusan ke Direktori Putusan MA”

Penggalan  kalimat di atas disampaikan Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas,SH.MH, saat pembinaan pada rapat bulanan pada Selasa siang (01/07/14) dengan para pegawai. Intruksi ketua tersebut ditujukan khususnya kepada para hakim serta  kepada pegawai di kepaniteraan yang menangani perkara. “Mengapa Publikasi putusan harus perlu  di tingkatkan, hal itu dikarenakan untuk memenuhi target standar layanan pemberian informasi kepada publik,” imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Keterbukaan informasi di peradilan  telah diinstruksikan melalui lahirnya  SK Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011, maka dari itu Pengadilan Agama Kudus terus meningkatkan Pelayanan informasi baik melalui situs website maupun meja informasi. Lebih lanjut Ketua juga menyorot tentang pelayanan terhadap para pihak yang berperkara, ia mengingatkan kepada para pegawai untuk tidak memberikan apapun produk pengadilan tanpa ada surat kuasa, sedangkan surat kuasa insidentil ketentuannya hanya berlaku untuk keluarga. Pada akhir pembinaannya ketua  memberikan arahan terkait kegiatan dharma yukti karini kabupaten Kudus agar meningkatkan acara kegiatan sosial, seperti kegiatan penyerahan bantuan dana bea siswa (BDBS) dan lain-lain.

Last Updated (Thursday, 03 July 2014 04:56)

Read more...

 
Kegiatan

Pengadilan Agama Kudus laksanakan sidang itsbat

Awal Ramadan 2014

Jumat (27/6/2014) Pengadilan Agama Kudus melakukan rukyatul hilal  (melihat posisi bulan) untuk menetapkan awal Ramadan 1435 Hijriah. Rukyat tersebut diadakan  oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus cq Kementrian Agama Kabupaten Kudus yang bertempat di Pantai Bandengan Jepara. Adapun Tim BHRD dari unsur Pengadilan Agama Kudus adalah Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas,SH.,MH dan Panitera/Sekretaris Drs.H.Lukman Hakim.

Kegiatan ini juga diikuti oleh unsur akademisi yakni, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP), serta Ormas Keagamaan. Dari semua yang hadir dalam rukyat hilal dapat  melakukan rukyat baik melalui alat maupun melihat langsung.

Dari kegiatan rukyatul hilal yang telah dilaksanakan, selanjutnya Tim BHRD Kudus memaparkan secara teori hisab, bahwa situasi menjelang awal bulan Ramadhan 1435 H  ijtimak terjadi pada hari Jumat pahing, 27 Juni 2014 M, pukul 15.09 Wib. Kemudian saat matahari terbenam di Pantai bandengan Jepara pada pukul 17.33 Wib pada tanggal 27 Juni 2014 tersebut, kondisi ketinggian hilal adalah 00 derajat 30 menit 48.93 detik di atas ufuk, yang berarti ketinggian hilal masih di bawah 2 derajat di atas ufuk.

Read more...

 
Kegiatan

MAHKAMAH AGUNG MERAIH KEMBALI WTP

Sumber : www.pta-semarang.go.id

Jakarta-Humas, hari ini Jumat tanggal 20 Juni 2014 tepat pukul 9.30 Wib di Gedung Badan Pemeriksaaan Keuangan (BPK), Mahkamah Agung kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Hal ini berhasil diwujudkan berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak di jajaran Mahkamah Agung dan pengadilan dibawahnya.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan LKKL (Laporan Keuangan Kementrian dan Lembaga) tahun 2013 diberikan langsung oleh Wakil Ketua BPK bapak Hasan Bisri yang diberikan kepada 26 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), 9 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan 2 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini disclaimer.

Last Updated (Wednesday, 02 July 2014 06:48)

Read more...

 
Kegiatan

Dirjen Badilag: Kejarlah Karir dengan Prestasi

Sumber : Bogor l Badilag.net

Aparatur peradilan agama hendaknya lebih mengutamakan prestasi untuk mengejar karir. Sebab, prestasi yang bagus akan sangat berpengaruh terhadap karir seseorang.

Demikian disampaikan Dirjen Badilag ketika memberi wejangan kepada para alumni pendidikan dan pelatihan calon hakim peradilan agama tahun 1994 yang mengadakan reuni di Bogor, Sabtu (21/6/2014) malam.

“Orang mengejar karir itu bisa lewat dua cara: lewat prestasi dan lewat pendekatan,” kata Dirjen Badilag. Menurutnya, cara yang kedua itu kurang tepat.

Read more...

 
Kegiatan

PENERIMAAN MAHASISWA PPL

DI PENGADILAN AGAMA KUDUS

Kamis 19/06/2014, panitia Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari Fakultas Syariah Stain Kudus menyerahkan mahasiswa jurusan al-Ahwal asy-Syakhshiyah dan Ekonomi Islam untuk melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Kudus. Secara resmi PPL tersebut telah  diterima oleh ketua pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas, SH.,MH. Adapun pelaksanaan  mahasiswa peserta PPl tersebut terbagi menjadi 2 (dua) gelombang, yang pertama dimulai tanggal 19 Juni hingga 24 Juli 2014 dan kedua tanggal 06 Agustus hingga  11 September 2014.

Sementara itu, untuk kelancaran Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Ketua Pengadilan Agama Kudus telah menunjuk 4 hakim, yakni Drs.H.Tashin, Drs.H.Muflikh Noor,SH.,MH, Drs.Noor Shofa,SH dan Drs.Zaenal Arifin,MH sebagai pendamping untuk memberikan pembinaan kepada peserta PPL. Selama praktek ini nantinya para mahasiswa akan menerima materi yang terkait  dengan mekanisme peradilan, disamping itu  mereka juga akan melihat secara langsung proses penanganan perkara di Pengadilan Agama Kudus.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan  untuk Memberikan Pembelajaran bagi Mahasiswa mengenai sistem Peradilan perdata dengan pengalaman langsung melalui Observasi, bimbingan tentang persidangan, adminitrasi perkara dan praktek peradilan dengan mengadakan peradilan semu/simulasi persidangan. (By.Tiem IT)

 

Last Updated (Tuesday, 24 June 2014 07:35)

 
Kegiatan

CETAKAN KESEPULUH KARYA DR. WILDAN SUYUTHI BARU TERBIT

(JURUSITA WAJIB BACA)

Sumber : pta-semarang.go.id

Salah satu karya Dr. H. Wildan Suyuthi, SH, MH dalam menuangkan pemikirannya melalui tulisan adalah “SITA DAN EKSEKUSI, Praktek Kejurusitaan Pengadilan” yang sejak pertama diluncurkan tahun 2001 sangat digandrungi dan menjadi literatur pada berbagai perguruan tinggi dan seharusnya menjadi bacaan wajib bagi Jurusita di Pengadilan. Hal ini terbukti pada bulan Mei 2014 Penerbit Tatanusa kembali meluncurkan cetakan kesepuluh, dan buku edisi baru tersebut sudah dapat dijumpai pada etalase toko buku Gramedia dan toko buku ternama lainnya.

Menurut yang punya pemikiran, Wildan Suyuthi yang juga ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menyampaikan bahwa terbitnya edisi baru cetakan kesepuluh ini adalah dalam upaya memenuhi kebutuhan literatur hukum khususnya pada bidang praktek kejurusitaan Pengadilan dalam hal Sita dan ekseskusi, karena perkembangan zaman dan berubahnya regulasi sehingga praktek sita dan eksekusi perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini, oleh karena itu selain buku ini penting sebagai literatur di Perguruan Tinggi juga menjadi buku pintar dan bacaan wajib bagi Jurusita Pengadilan. Mengingat kesempatan jrusita, kepaniteraan Pengadilan Agama untuk memperoleh pembinaan/bimtek tentang tugas pokok dibidang upaya menjamin hak, sita, termasuk pelaksanaan putusan, ekseskusi sangat terbatas, oleh karena itu dalam terwujudnya sumberdaya manusia peradilan yang profesional, penguasaan ilmu-ilmu tentang sita dan eksekusi merupakan satu keharusan, tambah Wildan Suyuthi.

Last Updated (Wednesday, 11 June 2014 04:31)

Read more...